pamali itu apa ya?

hola sobat blogger ......?? [jawab donk]

akhir-akhir ini miztia sibuk, beberapa hari yang lalu sibuk juga karena adik-adik kelas miztia di mushola tempat miztia mengaji itu merayakan khatam al-qur'an dengan berdoa bersama, ada sunatan masal, ada tasyukuran, dan kegiatan islamic lainnya.. jadi miztia ikut serta meskipun gak maju kepanggung tapi ikut pengajiannya aja deh, sebagai kakak kelas yang udah khatam gak boleh berhenti sampe disitu doang, juga mengajinya tetep dilanjut :)

soal kesibukan yang lain itu..
ya pasti ada ajadeh kesibukannya :D


okay sekarang kita bahas sesuai judul..
daripada bengong mending share apa aja yang hinggap di kepala....
nah pertama miztia minta maap karena postingan miztia gak mutu dan ngebosenin banget [mungkin] ya blogger juga manusia iya kan?? hoho

nah.. kali ini aku mau ngebahas tentang arti kata pamali
sebagai manusia biasa yang berkebangsaan indonesia, wajar banget kalo di lingkungan sekitar kita terdapat hal-hal yang menurut budaya/adat gak boleh dilakukan karena bisa datengin hal-hal yang buruk. nah kali ini miztia share dari hasil googling yang kece abiss..


pernah dengar kata pamali?? pernah donk pastinya
apa itu pamali??
kenapa ada kata pamali?? lalu bumalinya mana??

hhmmmmtt ,
pamali menurut google traslate adalah..
pantangan hal-hal yang sering kita dengar dari orang tua kita atau kakek/nenek pada jaman dahulu kala, seperti yang sudah aku katan di atas, pamali itu tanggapan yang menurut budaya/adat gak boleh dilakukan karena bisa datengin hal-hal yang buruk. Pengertian Pamali itu sebenarnya masih simpang siur dan agak kabur alias bureng, tanggapan ini juga dikatakan bahwa istilah pamali itu diperuntukkan untuk menakuti anak kecil pada jaman dahulu agar tidak melanggar perkataan orang tuanya....

itulah tanggapan pendapat pro dan kontra mengenai pamali yang beredar saat ini, tanggapan lain juga masih banyak kok.. simak ya



pamali itu apes ya?



  • Berpindah tempat pada waktu makan
"Jangan berpindah tempat pada waktu makan, karena kelak berakibat akan mendapat ibu tiri" .Terkecuali pindah pada posisi yang lebih bagus misalnya semula makannya dilantai, kemudian pindah kemeja makan yang semestinya, kalau itu yang dilakukan kelak akan cepat mendapat pekerjaan yang lebih baik.. [apa iyaa..??]
  • Berlama-lama di Kamar Mandi 
Jangan anda berlama-lama dikamar mandi karena akan terlihat lebih tua dari usia anda sebenarnya. Bener ini pamali yang ini, ngapain juga lama-lama di kamar mandi? Mau nginepkah? Lagian kalo lama-lama bisa kriput smua tuh badan.
  • Menyapu di Malam hari 
Bisa sulit cari rezeki katanya. Tapi sebenernya kalau nyapu di malam hari itu akan melelahkan, apalagi kalau sambil ngepel, sama nimba aer buat mandi. Haduh... emang gak ada waktu lain apa ya. Mendingan buka lowongan buat pembantu rumah tangga ajadeh..
  • Duduk di Pintu
    "ntar jodoh susah masuk" 
    Yaph, orang gila juga duduk di pintu, mau duduk disebelah mananya juga?? Ada juga duduk di pangkuan pacar aja lebih enak, itu juga kalo punya sih...jiakahakak
    ada juga yang bilang "ntar yang nglamar balik lagi loh"
    Yaelah kalo gak balik.. masa satu RT yang ikut serta buat acara lamaran mau nginep apa ya
    nyatanya itu untuk mengusir karena menghalangi jalan, toh ngapain juga duduk didepan pintu
  • Membuka Payung di Dalam Rumah
Kalau buka payung di rumah katanya bisa ada hal buruk yang terjadi didalam keluarga, emang aneh sih kalau buka payung di rumah, kebanyakan sih orang-orang buka warung di rumah, malah lebih untung kan tuh.. [itu warung bukan payung]
  • Mandi disiang bolong 
Jangan mandi disiang hari bolong, karena berakibat anda akan cepat tua. ngapain siang-siang mandi ya.. enakan kalo siang-siang tuh berenang bareng kecebong
  • Menjual silet/jarum/garam pada malam hari
nah ini nih.. di kampung sebelah masih ada yang kayak gini, katanya berakibat toko, usaha anda akan bangkrut.
  • Tidur terlentang dengan tangan dikepala
tidur terlentang dengan tangan menindih kening kepala anda, itu secara tidak langsung akan menyumpahi orang tua anda untuk pergi untuk selama-lamanya
kali aja lagi stres mikirin kredit panci jadi tangan di angkat kekepala


  • Berteriak-teriak mengucapkan kata-kata kotor dalam hutan
katanya tak lama lagi akan dimasuki roh halus jahat yang menguasai diri anda (kesurupan). ahaha.. yang ada minta tolong takut digebet tarzan
  • Berfoto bersama dalam jumlah ganjil
berfoto dalam jumlah ganjil karena salah satu dari yang difoto akan cepat meninggal. Biasanya yang ditengah.. yang di tengah kan anget >_<
  • Bangun Tidur terlalu siang
Jika anda bangun tidur terlalu siang hingga matahari hampir berdiri, akan berakibat segala bentuk rezeki yang akan datang akan selalu menjauh kembali . yang ini ada benernya juga, toh bangun pagi bikin sehat dan manfaatnya banyak kan??
  • Ga boleh langsung tidur setelah makan
jadi pemalas , yang ada setelah makan ya minum
  • Menggunting kuku malam hari 
Jangan menggunting kuku pada mari, karena akan membuat usia anda lebih singkat.. yang ada nanti kukunya katarak




pamali itu apes ya?


eettss.. jangan protes, protesnya disimpan aja ya

manusia memang mempunyai pendapat yang berbeda-beda, tetapi yang namanya pamali sudah di temukan oleh nenek moyang kita ribuan tahun yang lalu , ada juga yang beranggapan bahwa pamali itu musyrik itu syirik. pamali juga masih tabu dan samar-samar..
Menurut kalian pamali tuh gimana?? bagaimana orang menyikapi pamali??

semua udah ada yang ngatur kok, jodoh, rezeki, hidup-mati manusia ada di dalam kuasaNya.. :)
jadi percaya-gak-percaya gak usah cemas mikirin kiamat [eeh maap]

just for fun okay

kreasi iseng miztia

materi referensi :
http://www.nyunyu.com/
http://misteridunia.wordpress.com/2008/10/07/berbagai-macam-pamali/
Colek G+

56 comments:

  1. pamali itu apa ya ? saya malah baru denger sekarangg :-?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba dibaca dulu si Om, biar ngerti :D

      Delete
    2. ohh gitu too baru pertama kali denger kata pamali hehe :D

      Delete
    3. ahah itu bahasa trend era 80'an (ngarang).

      Delete
  2. yang enak tu tidur ditengah pintu ma molo (b. indonesianya gak tau molo) eh apaan yang kamu mimpiin menarik gak, cangan coba wkwkkwkw, lam knal aja........

    ReplyDelete
  3. yang paling saya sering denger ya ini Berfoto bersama dalam jumlah ganjil ".

    aneh masa gitu aja bisa cepat meninggal hahaha, pemain bola aja yang foto bareng jumlahnya ganjil gak meninggal sampe sekarang tuh hahaha :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. tuh ditempatmu ada juga ya kwkwkwk. aneh memang, :D

      Delete
  4. ada2 aja..kita kan punya Al qur'an sebagai petunjuk baik dan benarnya suatu perbuatan,,betul tak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul banget kak,
      namanya aja budaya indonesia, kita kn punya bnyk suku.. bahasa, pulau juga, kalo bahasa jadulnya tuh UNITY getoh bang.

      Delete
  5. Pamali itu suaminya Bumali..hehehe...
    menurut aku sih itu sama aja dgn mitos sob, tp sebenarnya kalimat pamali itu kalo diterusin ada bnrnya jg.
    contoh:
    -berpindah tempat pd wkt mkn,jgn, nanti takut kesandung jatoh kan piringnya pecah.
    -berlama2 di kmr mandi, jgn, kan dingin nanti msk angin
    -menyapu dmlm hr,jgn, kan gak kliatan jelas mending siang
    -menggunting kuku mlm hr,jgn, kan gak kliatan takut tergores

    sebenarnya sih kalo diterusin itu ada bnrnya, hanya saja kebanyakan mereka gak menjelaskan, kalo ditanya knp?

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar apa kata sobat Penghuni 60.

      sebenarnya larangan-larangan itu ada benarnya. tp sayangnya orang tua jaman dahulu tidak menjelaskan secara 'relistis' apa dampaknya jika dilakukan. mereka malah menyangkut-pautkan dengan hal-hal mistis dan ramalan2.

      Delete
  6. maksud tujuannya baik, cuma klo kbanyakan ngikutin pamali ntar gak bsa ngapa2in...palagi klo dijawa, bnyak bnget pamalinya

    ReplyDelete
  7. itu kan kata kata mbah buyut ,kepercayaan orang tua jaman dulu

    ReplyDelete
  8. Pak Malik mungkin,

    ada2 aja kreasi iseng miz tia, hahaha,

    ReplyDelete
  9. Pamali masih sering dianut dalam budaya daerahku mba..
    Tetapi kita kan punya agama, maka jadikanlah agama itu tempat kita bertanya dan juga sumber ilmu seluruh yang ada dalam dunia ini...

    ReplyDelete
  10. hahaha,, yg pling lucu itu berlama2 di kamar mandi,, aplg klo cwo.

    hayo ngapai cba lama2 di kamar mandi,,, hahahaha

    ReplyDelete
  11. PAMALI itu TABU,.. TABU itu (tatanan BULU),.. hehhe,.. ga nyambung bnget,.. sih.. entah siapa yang buat macam2 PAMALI... ga ada penemu kongkritnya sih

    ReplyDelete
  12. Yg disebutin Miz Tia itu pernah denger dlu pas di kampung.
    G bleh duduk dpn pntu,g bleh fto ganjil dll...
    Pi menurutku sih tergantung kita percaya ato nggak m tu semua...
    Katanya sih kalo percaya bkalan terjadi bnran.Pi kalo g ya....nggak.
    Pi itu katanya lho....hehe... :)

    ReplyDelete
  13. pamali itu kalau menurut aku adalah ajaran dan ajakan filosofi orang tua - orang tua para pendahulu kita, yang bertujuan memberikan pelajaran sifat dan karakter hidup melalui bahasa yang indah...salam blogger

    ReplyDelete
  14. yang saya tau pamali itu gak boleh
    jangan duduk di depan pintu pamali
    padahal ngadang jalan, heee
    :D

    ReplyDelete
  15. akal akalan simbah....
    Ya biar takut dan ngak di lakuin, karena tidak baik (ora elok)...

    ReplyDelete
  16. ya begitulah orang2 tua dulu.. sering menegur tapi jarang memberi tahukan alasan yang tepat, paling menakuti aja dan itu pun demi kebaikan kita juga sih..

    ReplyDelete
  17. Pamali itu "Ra ILok"(bahasa Jawa) artinya tidak baik..
    Contohnya tidak boleh duduk di atas bantal :D

    ReplyDelete
  18. teriak-teriak di hutan dengan kata kotor? Nggak juga tuh? soalnya kalau saya lagi dihutan nyari rumput buat kambing saya, saya dan kawan2 kadang suka teriak teriak dengan kata2 kotor...kotor...kotor... dan alhamdulilah pulangnya selamat dengan mengendarai kotor...(upss versi Miz, kata kotor itu sepeti apa ya?)

    ReplyDelete
  19. tidak usah percaya dengan hal seperti itu

    ReplyDelete
  20. kalau didaerah q pamali disebut juga ora ilok :D
    versi cilacap

    ReplyDelete
  21. pamali itu... definisikan sendiri ya anak2 dari teks diatas hhhehe

    ReplyDelete
  22. mungkin cuma slogan tradisi yg udah lekat di tengah masyarakat miz...ya jdi udah kebiasaan..nyebutinnya. :)

    ReplyDelete
  23. Pamali pamali pamali, yaaa ini artikel yang saya cari apan hari tapi belum tayang..

    hahahahaa
    kayak nunggu film apa ajaaa..
    :D

    Makasi mutia ceritanya
    salam berbagi

    ReplyDelete
  24. pamali sama mitos beda tipis..
    pilih yg masuk logika aja, jika gak masuk akal tinggalkan aja..:)
    ntar bisa jadi musyrik..:)

    ReplyDelete
  25. wah atas ane Pinter nih , makasih yo mas =))
    tuh mbbak Tia pengertiannya .

    ReplyDelete
  26. wih kirain pamali cuma gx boleh foto ganjil aja,, trnyata bnyak jg pamali yah,,

    tp ne kata temen ane sebenarnya kenapa gx boleh nyapu malah hari,, malam kan untuk penchayayaan kurang,, jadi takut na , ada unag yang ikut kesapu,,
    n kenpa gx boleh potong kuku malam2 takutna kena daging na kepotong jg,, coz kan malam gx jelas,

    n orang dulu tu, ngomng pamali gt,biar anaknagx nakal, aliasbiar takut gt,,

    tp tu versi saya n temen saya sih kwkwwk

    salam sukses

    ReplyDelete
  27. sampe sekrang saya blum paham arti dri pamali juga mbak hehee :D

    ReplyDelete
  28. mitos orang indonesia tuh, pamali duduk di depan pintu ntar gak dapat jodoh. iya padahal menghalangi jalan orang lewat

    ReplyDelete
  29. Yaps..
    Inilah indonesia..
    Hehe..

    Kunjungan sore mis..

    ReplyDelete
  30. Tolong duungannya miz, :)
    saya ikutan kontes
    hehhe

    satu komen aja uda sangat berarti buat saya
    :)
    maasi sebelumnya

    ReplyDelete
  31. Ooooo... baru denger nie Mizz....
    Kunjungan baliknya yaa...
    Semoga sukses ^_^

    ReplyDelete
  32. Menurut saya pamali sih kata-kata bijak dari para sesepuh yang mengandung falsafah yang sangat luar biasa.

    Seperti yang di katakan sahabat penghuni 60, hanya kenapa jaman itu tidak dijelaskan artinya, yah karena orang-orang tua masa itu berkeyakinan suatu saat ada yang mampu menterjemahkan falsafah yang mereka buat......

    ReplyDelete
  33. kalau kita merujuk kepada alquran dan hadist ngak akan bakalan ada kayak ini, hehehehe

    sebelunya saya minya maaf nih karna baru bisa berkunjung karna banyak kesibukan di dunia nyata

    ReplyDelete
  34. Pamali terkadang ada benarnya,dan banyak tidak benarnya,seperti contoh-contoh di atas tadi,namun yang jadi pertanyaan saya sekarang kata "Pamali " itu berasal dari bahasa mana yah?apakah bahasa Jawa,Sunda,Melayu,atau apa geetoo ??

    ReplyDelete
  35. biasanya pamali itu identik dengan hal2 yang tabu secara religius dan biasa juga ini bwaan dari orang tua dulu,..tapi sekarang kayaknya sudah tidak lazim lagi kata ini di gunakan

    ReplyDelete
  36. Saya rasa kita hendaknya menghormati dengan budaya masing masing,,, serta toleransi
    mungkin negari ini pun akan jadi lebih nyaman jika saling toleransi.. apa lagi jika warga negara ini mau menerapkan pelajaran pendidikan kewarganegaraan di SD dulu,,hehe

    ReplyDelete
  37. tiara apa apa sama kayak mitos gitu kah?

    ReplyDelete
  38. hehheeh pamali berasal dari bahasa mana tuh,,, kata orang tua jangan duduk di meja nanti banyak utang. ya iya lah gak sopan banget duduk di meja kayak gak ada kursi ajah heheheh,,,, jangan makan ceker ayam nanti nulisnya jelek heheeheh, jangan makan tunggir ayam nanti istrinya nyeleweng heheheeh apa itu tunggir hehehehe

    ReplyDelete
  39. sebenarnya gue juga gak paham pamali itu apa! hmm.. nice post!

    ReplyDelete
  40. Sekedar menambahkan...
    pamali paling hardcore yg pernah gw dengar:
    jangan letakin kucing hitam didekat mayat, kalau kucingnya melangkahi mayat, mayatnya bisa bangun. ~~asli serem gila dulu pas kecil dengernya.

    ReplyDelete
  41. Kalo menurut ane, pamali itu suaminya bumali..hehe

    ReplyDelete
  42. Itu dari bahasa sunda yang maksudnya ga boleh dilakukan karena biasanya berakibat tidak baik efeknya.Wallahu a'lam

    ReplyDelete
  43. kalau dikunjungi blogger ga ngasih kunjungan blaik juga pamali, bisa menyebabkan traffic menurun.
    percaya ga percaya.., kunjung balik aja, hehe..

    ReplyDelete
  44. Pa Mali itu suaminya Bu Mali Miz hehehehe....

    ReplyDelete

Diam Berarti Lobet
Tinggalin Komentar aja ya.........
sorry kalo tidak bisa membalas langsung di blog ini, MizTia si Admin Blog mungkin Lagi Berlibur ke Dunia Nyata :D

oya, sobat juga bisa surfing di Gallery miztia-respect.blogspot.com
(ɔ ˘⌣˘)˘⌣˘ c) .